Rabu, 27 Juni 2012

Nyamuk pun Diet!


Ternyata bukan hanya manusia yang suka diet untuk menurunkan berat badan, tapi nyamuk juga, lho!

Kalau sebagian besar nyamuk mengisap darah secara terus menerus pada saat lapar, nah, berbeda dengan nyamuk ini.

Nyamuk yang punya nama latin Culex molestus  akan berdiet alias tak menghisap darah sebelum berhasil meletakkan telur.

Fakta ini ditemukan lewat penelitian panjang selama 2 tahun. Jenis nyamuk Culex molestus  memiliki habitat di pipa pembuangan dan septic tanks .

Salah seorang peneliti, Cameron Webb dari University of Sydney Medical mengungkapkan nyamuk jenis Culex molestus enggak mau menghisap darah sebelum telurnya berhasil diletakkan.

"Begitu telur pertama diletakkan, maka nyamuk langsung akan berburu darah," tambah Webb seperti dikutip Zee News,  Kamis (21/6/2012).

Wah, kenapa, yah, si nyamuk bisa tahan berdiet? Menurut Webb, sebelum meletakkan telur, nyamuk mendapatkan energi dari nutrisi yang dikumpulkan sebelum fase dewasa. Tingkah laku ini dikenal dengan autogeni.

 Jadi, si nyamuk akan terus merasa kenyang dan tidak membutuhkan darah sampai telurnya diletakkan. Hasil penelitian Webb pun dipublikasikan di Journal of Vector Ecology.

Sang peneliti itu juga mengungkapkan, salah satu yang bisa diambil dari penelitian ini ialah manusia harus berpikir lagi saat akan mendesain tempat penyimpanan air, limbah dan sebagainya. Desain harus dipikirkan lagi sehingga nyamuk tidak punya kesempatan untuk berkembang lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jam