Rabu, 27 Juni 2012

Perangko Pertama Indonesia

Ini dia, si perangko tua yang langka sekaligus menjadi perangko pertama terbit di Indonesia. Ssst, perangko ini pertama kali diterbitkan tahun 1946!!! Wah, sudah tua sekali, ya.

Presiden pertama RI, Soekarno Hatta yang pertama kali berinisiatif untuk menerbitkan perangko tersebut.

Beruntung, perangko tua itu bisa dilihat di Pameran Filateli Dunia mulai dari dari 18-24 Juni 2012 di Jakarta Convention Center (JCC).

"Ini adalah perangko pertama Indonesia. Pemerintah membuatnya pada perayaan setengah tahun kemerdekan Indonesia," ujar Pak Bertholo Sinaulan, General Commissioner acara pameran filateli di JCC, Senin (18/6/2012) yang dikutip dari Kompas.com .

Menurut Pak Bertholo, lambang banteng yang sedang menarik rantai dalam perangko tersebut menunjukkan kalau Indonesia sudah terbebas dari masa penjajahan. Perangko itu juga didesain dengan warna hitam putih, benar-benar terkesan tua.

Nah, selain perangko pertama di Indonesia, dalam pameran filateli 2012, kamu juga bisa melihat mesin cetak perangko manual yang sudah ada sejak tahun 1970an.

Mesin tua itu khusus didatangkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) langsung dari Museum Pos di Bandung, Jalan Cilaki nomor 73.

Hmm, masih banyak lagi, lho, yang bisa kamu lihat di pameran Filateli Dunia. Pameran ini diikuti oleh 70 Federasi Filateli di dunia dan 100 stamp dealer  dari dalam dan luar negeri. Siapa tahu nanti, kamu bisa menemukan perangko unik dari berbagai belahan dunia!

Yuk, kunjungi Pameran Filateli Dunia!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jam